Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO) 2013

PMO merupakan kepanjangan dari Pelatihan Manajemen Organisasi. PMO ini diadakan secara rutin setahun sekali setiap masa kepengurusan. PMO sendiri merupakan program kerja biro Litbang. PMO 2013 ini diadakan kemarin pada tanggal 16-17 November 2013. 1 bulan sebelum PMO dimulai seluruh peserta sudah diberikan pembekalan dan tugas oleh panitia. Mulai dari kelompok, barang bawaan, beserta tugas-tugas yang lainnya. tujuan diadakannya PMO ini adalah agar seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Elektro lebih saling mengenal satu sama lain, menjadikan himpunan mahasiswa elektro suatu organisasi mampu memanajemen waktu, uang, event dan menjadi organisasi yang sukses menjalankan visi dan misinya. Rangkaian acara satu per satu di lewati oleh seluruh peserta PMO dengan baik.
Pada tanggal 16 November 2013 seluruh peserta PMO harus berkumpul di lapangan telkom pukul 06.00 WIB , kemudian dilanjut dengan pembukaan acara dan sambutan-sambutan. setelah itu dilanjut dengan sholat dhuha dan materi pertama. Materi pertama diisi oleh Achmad Zulkarnaen yang berjudul membentuk profesionalitas diri dan teamwork. Setelah materi pertama selesai snackpun dibagikan. kemudian dilanjutkan dengan materi ke 2 materi kedua diisi oleh kak Deddy Parsetyo yang berjudul manajemen organisasi. Setelah materi kedua para peserta ishoma. tepat pukul 13.00 para peserta masuk kembali ke gedung GSG untuk melanjutkan materi ke 3. Materi ke tiga diisi oleh kak Amalia Dian Ramadhini yang berjudul manajemen event. Setelah itu break sebentar untuk sholat ashar dan kemudian para peserta mengaplikasikan materi ke 3 tersebut dengan membawa proposal yang dibuat sebelum PMO. Disini perwakilan dari masing-masing kelompok berperan untuk mengajukan proposal event ke perusahaan.
Setelah selesai acara selanjutnya adalah materi ke 4. Materi ke empat diisi oleh Ahmad Dzulkarnaen selaku mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro pride 2011-2012. materi ke 4 berjudul diskusi pemimpin dan kstartia. dimateri ke 4 ini para peserta PMO saling mengemukakan pendapat masing-masing tentang apa itu pemimpin dan apa itu ksatria. Setelah materi ke 4 selesai para peserta melanjutkan materi yang ke lima. Diisi oleh kak Agus Budianto selaku mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa priode 2012-2013 yang berjudul pergerakan mahasiswa.
Setelah semua materi selesai seluruh peserta makan malam. Setelah makan malam seluruh peserta dikumpulkan di lantai 1 untuk sesi curhat. Setelah sesi curhat seluruh peserta harus segera tidur. tepat pukul 01.30 tanggal 17 November 2013 seluruh peserta di bangunkan untuk sholat tahajjud. Setelah itu acara jurit malam. jurit malam terdiri dari 4 pos. Pos pertama adalah pos struktur organisasi HME dan lingkungan Elektro. Pos 2 tentang wawasan pengetahuan. Pos ke 3 adalah pos Orasi dan terakhir pos ke 4 adalah pos komitmen. Dari masing-masing pos terdiri dari kata sandi yang mengharuskan seluruh peserta PMO menghapal untuk dapat menyelesaikan pos-pos berikutnya. Jika disambungkan kata sandinya sangat memiliki makna. "Orang-orang yang bersahabat seperti pepohonan, meskipun daunnya saling berjarak. namun akarnya saling bergandengan" setelah jurit malam. Seluruh peserta sholat subuh dan dilanjut dengan mentoring. Setelah itu para peserta ganti pakaian olahraga untuk olahraga pagi bersama-sama. setelah olahraga pagi seluruh peserta sarapan bersama-sama di lantai 1 sebelum akhirnya para peserta melakukan outbound. Setelah sarapan selesai tepat pukul 09.30 seluruh peserta berkumpul di depan gedung D untk pembagian kelompok Outbound.
Setelah selesai pembagian kelompok selesai masing-masing kelompok diberi waktu 15 menit untuk saling mengenal satu sama lain dan membuat yel-yel. setelah semua kelompok selesai menampilkan yel-yel, satu per satu kelompok outbound berjalan ke arah pos bayangan yang berada di FIB melewati route jalur yang sudah ditentukan. Mulai dari melewati jalan kecil pinggir danau depan PNJ kemudian melewati jembatan texas. didepan FIB UI (Fakultas Ilmu Bahasa) tepatnya di lapangan kecil sudah ada penjaga pos bayangan. Disana para peserta diberi pembekalan mengenai bagaimana situasi di dalam sana dan dibeli bekal air minum. Setelah pembekalan selesai peserta mulai memasuki hutan UI.
Memasuki jalan kecil dengan hati hati. Tak lama berjalan para peserta disambut oleh panitia di pos 1. Disana adalah pos pengetahuan seputar PNJ. disana juga para peserta bermain game. Gamenya adalah menjawab pertanyaan dan mencari pertanyaan dalam tempat yang berbeda dalam waktu 5 menit. Setelah pos 1 selesai para peserta diberi instruksi untuk malanjutkan ke pos selanjutnya dengan mengikuti tali merah yang sudah di pasang oleh para panitia. Sampai di pos 2 para peserta megikuti games yang diberikan oleh para panitia yaitu memindahkan bola pimpong dengan menggunakan 7 tali rapia. Selanjutnya di pos ke 3. Disana para peserta adu ketangkasan untuk mencapai tujuan dengan melewati lumpur dengan menggunakan satu tali dan saling berpegangan tangan. Setelah dari pos ke 3 para peserta masing-masing kelompok melanjutkan perjalanannya ke pos 4. Di pos 4 para peserta di uji kekompakannya dengan games dimana seluruh anggota kelompok ditutup matanya menggunakan slayer dan pemimpin kelompok menginstruksikan seluruh anggotanya untuk mengikutinya untuk sampai tempat yang ditentukan panitia. Karena waktu sudah terlalu sore di pos ke 4 hanya 3 kelompok yang mengikuti games tersebut. Setelah itu seluruh kelompok di kumpulkan di satu tempat. Karena hujan, tempat dipindahkan. Disana seluruh peserta mendapat pengarahan dan nasihat-nasihat dari kakak-kakak litbang.
Di penghujung acara seluruh peserta berkomitmen untuk saling menjaga dan mensukseskan seluruk proker HME dan visi misi HME. Kesungguhan para peserta terlihat saat menyanyikan lagu Totalitas Perjuangan. Semoga dengan adanya PMO 2013 seluruh pengurus HME dapat lebih saling menjaga satu sama lain, saling mengenal lebih dekat dan dapat saling bahu-membahu mensukseskan visi dan misi beserta proker-proker HME untuk satu tahun kedepan. Aamiin

Berikut adalah dokumentasinya :) semoga moment ini tak terlupakan :) {}